Another Postingan Yang Copy Paste Tapi Layak Dibaca

Jakarta – Sebuah celah keamanan ditemukan di browser populer Opera dan Mozilla Firefox. Celah ini menimbulkan gangguan saat browser menangani file gambar tertentu. Akibatnya, para penjahat cyber bisa mengetahui berbagai informasi, misalnya tentang situs apa saja yang telah dikunjungi pengakses.

Adanya kasus ini diendus oleh Gynvael Coldwind, pakar komputer di situs Vexillium.org. Ia memposting sebuah video untuk mengilustrasikan masalah tersebut. Gangguan terjadi ketika dua browser populer tersebut menangani file ‘.BMP’ atau bitmap.

Dengan adanya celah keamanan itu, file bitmap jahat pun bisa diciptakan para penjahat cyber. Tujuannya adalah untuk mencuri berbagai macam informasi dari memori browser yang terinfeksi.

“Data yang dicuri bisa beraneka ragam seperti data web history, favorit pengguna dan sebagainya,” ungkap laporan dalam situs tersebut, seperti dikutip detikINET dari PCWorld, Selasa (19/2/2008).

Disebutkan, dengan memakai Javascript, informasi yang didapat oleh penjahat cyber kemudian bisa dikirimkan pada remote server. Gangguan ini menimpa browser Firefox 2.0.0.11 serta versi-versi sebelumnya, dan juga versi beta dari Opera 9.50.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: